bargainser

BARGAINSER

Bargainser merupakan alat yang berfungsi sebagai pembatas daya listrik yang masuk ke rumah tinggal dan juga berfungsi sebagai sebagai pengukur jumlah daya listrik yang digunakan di rumah tinggal tersebut. Ada beberapa batasan daya yang dikeluarkan oleh PLN untuk dikomsumsi yaitu 220 VA, 450 VA, 900 VA, 1.300 VA DAN 2.220 VA.

 Bargainser meiliki 3 bagian utama, yaitu:
  • MCB (Miniatur Circiut Breaker), berfungsi untuk memutuskan aliran daya listrik secara otomatis jika daya yang dihantarkan melebihi nilai batasnya. MCB bersifat on/off dan juga berfungsi sebagai sakelar utama dalam rumah. Jika MCB Bargainser ini dalam kondisi off maka seluruh aliran listrik dalam rumah akan terhenti. Sakelar ini biasanya dimatikan pada saat akan dilakukan perbaikan instalasi listrik rumah.
  • Meter Listrik atau kwh meter, alat ini berfungsi untuk mengukur besaran daya yang digunakan oleh rumah tinggal tersebut dalam satuan kWh (kilowatthour).
  • spin control merupakan alat kontrol penggunaan daya dalam rumah tinggal dan akan selalu berputar selama ada daya listrik yang digunakan
  • pada kapal output bargainser biasanya terdapat 3 kabel yaitu kabel fasa, kabel netral, dan kabel groundyang dihubungkan ke tanah 


SUMBER: buku paket prakrya kelas 9 semester 1 kurikulum 2013 edisi revisi 2018
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

faktor-faktor permasalahan obyektif yang diperlukan untuk diketahui sebelum perancangan

penggolongan hasil limbah keras yang dijadikan bahan baku produk kerajinan dari kondisi wilayahnya.